Zudy Fardy, Politisi Muda yang Dekat dengan Masyarakat


 

PrismaTimes.com,Batam -- Muda, energik, humble dan  suka humoris. Itu adalah kesan pertama yg ditimbulkan saat bertemu dengan Zudy Fardy. Zudy Fardy adalah salah satu politisi muda asal Batam. 


Saat ini, alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti ini bergabung dengan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Tercatat sejak 2017 lalu, sosok muda yang dikenal dermawan ini tercatat sebagai Wakil Ketua DPW Bidang Hukum dan HAM dan juga masih menjabat sebagai Ketua Badan Advokasi Hukum (BAHU) Partai Nasdem Kepulauan Riau.


Berbincang-bincang soal politik Indonesia dan daerah saat ini dimana isu perpanjangan masa kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo sedang marak diperdebatkan.


Menanggapi hal ini, Zudy Fardy menyampaikan bahwa dirinya tidak akan terlalu jauh mengomentari isu tersebut. Sebab menurutnya, apa yang sudah dibicarakan di tingkat nasional oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sudah jelas, bahwa Partai NasDem tidak akan melanggar konstitusi yang sudah ditetapkan. 


"Partai kami tidak mau terjebak dalam hal yang inkonstitusional. Dan tentunya kami di daerah ini sejalan dalam melaksanakan visi dan arahan Pak Surya Paloh selaku Ketua Umum Partai NasDem," tutur Zudy.


Zudy berharap, perpolitikan Indonesia pada tahun 2024 dilaksanakan sesuai dengan konstitusi yang ada, demi kemajuan Indonesia yang berdemokrasi.


Terlepas dari apa yang sedang diperbincangkan di dunia politik nasional, cukup menarik utk membahas tentang apa sebenarnya yang melatarbelakangi Zudy terjun ke dunia politik. Menurut pria yang memiliki hobi bermain golf dan menyukai motor gede (moge) ini, banyak stigma masyarakat yang melekat tentang politik. Hal itu adalah yang lumrah. Namun yang membuat dirinya terjun ke dunia politik adalah bahwa dirinya menyadari bahwa politik berhubungan sangat erat dengan formulasi kebijakan negara sehingga dengan terlibat langsung, tentunya akan memberikan gambaran yang lebih luas mengenai politik negara sehingga diharapkan dapat menghasilkan pengambilan keputusan atau tindakan yang lebih baik untuk masyarakat. 


“Jika kita ingin memperbaiki sebuah kolam, tentunya kita harus tahu apa isi kolam tersebut. Terjun langsung akan membuat kita tahu isi dan kondisi kolam hingga ke dasarnya, sehingga kita memiliki pertimbangan yang lebih jelas apa yang harus dilakukan untuk kolam tersebut. Tidak bisa hanya sekedar bicara dan menonton dari jauh," pungkas Zudy.


Relevansinya, kata Zudy, dia terjun ke dunia politik tentu sebagai upaya untuk membersama masyarakat. Melihat dan mengamati secara langsung apa yang terjadi di masyarakat sehingga dapat memahami apa yang mereka butuhkan.


"Kita sebagai anak muda, selalu menginginkan perubahan. Nah, perubahan itu dalam skala besar harus diputuskan dalam kebijakan politik. Dasar itu yang membuat kami tertarik," katanya. 


Zudy berharap, anak muda Batam harus berani mengatakan yang benar dalam perpolitikan. Baik skala nasional maupun skala regional seperti Batam. 


"Anak muda harus lebih semangat untuk membangun Batam," ujar suami dari dr. Putri Yuliani, MARS ini.


Menurut Zudy, dalam berbuat kepada masyarakat tidak harus menjadi superhero. Namun dimulai dari hal-hal yang kecil ke hal-hal yang besar. “Yang paling penting adalah komitmen untuk berbuat baik,” tuturnya. Karena itu, melalui program sedekah #ZudyBerbagi dan #JumatBarokah, Zudy berupaya untuk selalu konsisten bersedekah dan membantu masyarakat.


Zudy mengatakan, program #ZudyBerbagi #JumatBarokah bukan untuk menjadikan sebagai alat politik. Namun baginya, ia mengajarkan dirinya dan anaknya untuk berbagi kepada sesama itu indah. "Tujuannya, kita perlu mewariskan kebiasaan yang baik kepada anak. Agar anak bisa menirukan. Bukan karena saya lebih mampu,saya lakukan itu. Tapi lebih kepada perintah Alquran juga bahwa berbagi itu ada pahalanya dan juga ada Janji Allah SWT disitu," tutur pria yang sedang menimba ilmu di Fakultas Hukum Pasca Sarjana Universitas Internasional Batam (UIB). 

A. Nama
Nama Lengkap: Zudy Fardy, SH

B. Riwayat Pendidikan: 
1993-1999 ( SD YKPP Pulau Sambu-Kota Batam)

1999 - 2002 ( SLTP N1 Belakang Padang-Kota Batam)

2002 - 2005 ( SMA Negeri 3 Surakarta)

2005-2010 (Universitas Trisakti, Jakarta) 

2021-Sekarang: Pascasarjana Universitas Internasional Batam (UIB) Jurusan Hukum Bisnis


C. Riwayat Pekerjaan
2011 - 2013 Asisten Lawyer di Aga Khan & Narisqa Law Firm

2013-2014  Legal / HRD PT Pelangi Nusa Batam.

2014 - 2015 Legal PT Usaha Griya Sejahtera (AG Network)

2015 - 2017 Legal Manajer di PT Panca Rasa Pratama (Teh Prendjak)

2017 - 2021 Founder Law Office Wirman Zudy & Partners .

2020 - sekarang Founder Zudy Fardy Law Firm

D. Riwayat Organisasi

2017 - Sekarang: Ketua DPW Bahu Advokasi Hukum Partai Nasdem Kepri.

2019 - Sekarang: Wakil Ketua DPW Bidang Hukum dan HAM Partai Nasdem Kepri.

2020 - sekarang: Pengelola Yayasan Sosial #ZudyBerbagi Setiap Hari Jumat Barokah.
(Fahmi)
Lebih baru Lebih lama