Kal Pandang I -1-72 dan Kal Sarudik I -2-18 Resmi Perkuat Angkatan Laut

 


PrismaTimes.com,Batam -- KAL Pandang I-1-72 dan KAL Sarudik I-2-18 hari ini secara resmi memperkuat jajaran TNI Angktan Laut, hal tersebut ditandai dalam suatu upacara Serah Terima, peresmian serta pengukuhan Komandan KAL Pandang I-1-72 dan KAL Sarudik I-2-18 yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., berlangsung di  Batam Kepulauan Riau, Jumat siang (02/7/2021).


Kedua KAL 28 meter ini adalah murni hasil karya anak bangsa yaitu PT. Palindo Marine Shipyard Batam, dan kedua nama KAL tersebut diambil dari nama  pulau yang berada di Provinsi Sumatera Utara.


Secara resmi  KAL Pandang I-1-72 dan KAL Sarudik I-2-18 diserahterimakan dari PT. Palindo Marine Shipyard kepada TNI Angkatan Laut dalam suatu upacara militer yang dipimpin  langsung oleh Kasal.


Pada kesempatan tersebut Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., beserta Ketua Korcab IV DJA I Ny.Helena Indarto Budiarto hadiri kegiatan tersebut.


Kasal dalam sambutannya mengatakan “Pengadaan kapal patroli jenis KAL-28 ini merupakan upaya TNI Angkatan Laut dalam rangka melaksanakan tugas pokok matra laut,” tuturnya.


“Secara khusus dalam rangka mewujudkan keamanan maritim, sekaligus sebagai realisasi dari pembangunan kekuatan menuju TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh,” sambung orang nomor satu di Angkatan Laut


“Yang patut digarisbawahi dengan masuknya dua alutsista Jenis KAL-28 M ini ke dalam jajaran TNI Angkatan Laut adalah keamanan maritim, sehingga keberadaan kedua KAL ini harus dapat memberikan kontribusi positif berupa jaminan keamanan bagi para pengguna laut secara khusus di wilayah kerjanya,” pungkas Kasal.


Usai pelaksanaan serah terima kedua KAL tersebut, Kasal mengukuhkan Kapten Laut (P) Juswan Simamora sebagai Komandan KAL Pandang I-1-72 yang bertugas dibawah Lanal Tanjung Balai Asahan dan Kapten Laut (P) Fidel Castro sebagai Komandan KAL Sarudik I-2-18 yang bertugas di Lanal Sibolga.


Sebelumnya, Kasal juga melaksanakan penandatanganan prasasti Menara Tinjau Pusat Latihan Pertempuran TNI AL Pantai Todak Dabo Singkep dan Sasaran Bantuan Tembakan Kapal Pusat Latihan Pertempuran TNI Angkatan Laut  Dabo Singkep.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Asrena Kasal Laksda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K., S.E., M.M., Komandan Lanal Batam, Komandan Lanal Sibolga, Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan, serta Perwakilan Bureau Veritas  Batam.(Pt)

Lebih baru Lebih lama